CEDERA ANGKLE (PERGELANGAN KAKI)


Pergelangan kaki tersusun oleh tiga buah tulang, yaitu tibia fibula clan talus kaki. Tulang-tulang tersebut disatukan oleh beberapa ligamen, tendon, seikat jaringan penghubung sebagai pendukung. Karena adanya pergelangan kaki ini sehingga kaki dapat ditempatkan pada permukaan yang tidak rata tanpa banyak mengalami kehilangan keseimbangan atau kecepatan pada diri atlet. Seringkali kekuatan yang menekan tersebut melebihi batas kelenturan otot pergelangan kaki, kemudian terjadi cedera karena tekanan tersebut.

Bagian pergelangan kaki yang sering terkena cedera adalah tendo achilles. Tendo achilles sebagaimana tendo lain sering mengalami strain tingkat I dan II. Cedera tcrsebut berkisar dari tendinitis ringan sampai pada pemutusan tendo yang parah. Bila tendo ini putus, maka dengan mudah dapat diraba, karena ada cekungan pada tendo achiles tersebut, serta kaki tidak dapat diplantarfleksikan.

Cedera tendo achilles terdiri dari:

a. Peradangan pada tendo achilles yang biasanya disebabkan akibat muskulus aastroknemius menarik dengan cara yang berlebihan sehingga terjadi strain.
Achilles tendonitis yang biasanya terjadi pada pelari pemula, karena program latihan yang terlalu berlebihan, baik dalam jarak maupun kecepatannya.

b. Foot bailer’s Ankle
Sering dijumpai pada pemain sepakbola karena sering terjadi hiperdorsofleksi maupun hiperplantarfleksi yang mengakibatkan robeknya kapsul sendi engkel. Dengan adanya robekan ini akan menimbulkan penulangan-penulangan yang disebut osteofit, inilah yang menyebabkan engkel si atlet nyeri untuk digerakkan. Disamping pemain sepakbola, pelari-pelari lintas alam juga sering menderita penyakit ini.
best pet vacuumregister emotional support animal