CEDERA LUTUT (KNEE)

https://esa-letter.com
Lutut adalah bagian dari tubuh kita yang paling sering terkena cedera karena fungsinya menahan berat badan juga untuk bergerak. Sendi lutut ini dibangun dengan bermacam-macam jaringan, maka cedera yang muncul akan menimbulkan bermacam-macam masalah pula. Karena itu sukar untuk mendiagnosa cedera pada lutut secara tepat.
Karena kesalahan mendiagnosa akan menimbulkan penanggulangan atau pengobatan yang tidak sempurna. Untuk mendiagnosa lutut yang cedera kita dapat melakukan pemeriksaan, yaitu inspeksi, palpasi, dan dapat membuat foto rotgen. Kelainan-kelainan pada lutut yang bersifat congenital (bawaan):
 Genu Recur Vatum : lutut yang hiperektensi dapat mengakibatkan dislokasi pada pattela, hipermobil.
 Genu Valgum : kaki yang berbentuk (knock-knee)
 Genu Varum : kaki yang berbentuk O (bow-legs)
Macam-macam cedera pada lutut:
1. Cedera pada ligamentum lutut
Ligamentum pada lutut ada beberapa macam, diantaranya yaitu:
a. Ligamentum kolateralis tibial, untuk mengujinya tungkai bawah ditarik ke arah lateral.
b. Ligamentum kolateralis fibular, untuk mangujinya tungkai bawah ditarik ke arah medial.
c. Ligamentum krusiatum anterior.
d. Ligamentum krusiatum posterior.
2. Cedera pada meniskus ( cartilago interartikularis injuries)
Meniskus mempunyai fungsi sebagai peredam getaran dan sebagai pelicin permukaan sendi. Cedera pada minskus biasanya terjadi karena lutut dalam keadaan setengah fleksi sambil menahan berat badan disertai rotasi pada bagian badan sebelah atas lutut (paha), sehingga terjadi perputaran antara condilus femoris pada kondilus tibiae, yang menyebabkan robeknya meniskus. Robekan terjadi disepanjang kartilago atau hanya bagian depan serta belakang saja. Terdapat dua meniskus, yaitu meniskus laterali dan meniskus medialis.
3. Cedera pada tendo patella (jumper’s knee)
Tendo patella menghubungkan patella dengan tuberositas tibia. Pada olahraga yang sifatnya harus melumpat, misalnya voli, bulutangkis. basket, kadang-kadang angkat berat dapat menyebabkan robeknya ligamentum patella ini.
4. Runners Knee
Biasanya diderita oleh pelari jarak jauh atau oleh atlet pemula yang berlatih terlalu lelah. Atlet merasa nyeri di daerah lateral/samping luar paha smpai ke daerah lutut bagian lateral (ephikondilus lateralis femoris).